Powered By Blogger

Jumat, 05 Agustus 2011

Tata Nano, Next Step Untuk Keluarga Bermotor?

Tata Nano, Next Step Untuk Keluarga Bermotor?


Tata Nano adalah hasil dari proyek mobil murah asal India. Singkatnya dengan harga Rp 25 juta mobil mungil ini diprediksi akan jadi booming ala Xenia-Avanza pada tahun-tahun lalu, apalagi mobil ini dilego sepertiga dari harga awal Xenia-Avanza dulu.
Lalu?
Pasar yang ingin dibidik oleh produk ini adalah sekitar anak muda, keluarga muda, dan para single yang tidak butuh transportasi gede-gede macam family car. Dan juga jangan lupa keluarga pengguna motor yang ingin naik tingkat dari motor ke mobil.
Kalau kita rata-rata para pengguna motor biasanya menggunakan bebek dengan rentang harga dari Rp 11 juta sampai Rp 17 juta. Dan dengan harga Rp 25 juta yang ditawarkan Tata Nano artinya mereka harus nambah sekitar Rp 8-14 juta.
Apa yang mau ditawarkan? Yah dengan empat roda dan atap memang perjalanan terasa lebih nyaman terutama buat si kecil. Ingat juga banyak kejadian keluarga yang memiliki anak kecil menaruh anaknya di depan pengendara-seperti tameng. Alhasil si anak bisa masuk angin sampai meninggal gara-gara kedinginan. Yah intinya memang lebih aman menggunakan mobil terutama buat si anak.
Tapi dengan harga segitu (sisa sedikit) kita juga bisa dapat motor high-end ala Honda Tiger, Yamaha Scorpio, atau Bajaj Pulsar 200.
Sekarang tergantung mau pilih mana? Tata Nano bisa dibilang kastanya rendah di dunia mobil, dan dengan harga yang lebih murah sedikit kita bisa mendapatkan motor “mahal”. Mau pilih motor atau mobil?
Memang relatif dan tergantung dari pertimbangan macam-macam dari keluarga tersebut termasuk soal biaya operasional juga. Sebagai catatan konsumsi mobil ini (tanpa AC-kecepatan konstan) bisa sampai 1:20. Dengan motor kita bisa mendapatkan 1:35-45, siahkan hitung sendiri faktor kenyamanan dan biaya operasional keduanya karena semua tergantung anda.
Pilih mana?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini