Powered By Blogger

Sabtu, 06 Agustus 2011

Cobain Deh Becak Motor di Medan









Kalau Jakarta zaman dulu ada kendaraan roda tiga yang namanya helicak. Namanya begitu katanya singkatan dari helikopter dan becak. Bentuknya memang mirip helikopter, tapi enggak bisa terbang. Cuma bisa didarat dan dengan tenaga motor. Di Sumetera Utara umumnya dan Medan khususnya, ada betor atau becak motor. Serombongan anak sekolah bahkan menjadikan betor antar-jemput mereka dari dan ke sekolah.
Selintas, bentuk becak motor mirip-mirip motor Harley Davidson. Ada motor roda dua sebagai penggerak utama, dan tambahan untuk penumpang (semacam sespan, yang menempel di samping kiri motor) dengan tambahan satu roda lagi. Jadi, becak motor pun beroda tiga. Selain betor atau becak motor, ada lagi ‘saudaranya’, yaitu becak dayung atau becak kayuh. Becak kayuh bentuknya sama-sama roda tiga, hanya tenaganya memakai tenaga genjotan manusia. Bedanya dengan becak-becak biasa di Jawa, becak kayuh Sumatera Utara ini penumpangnya tidak di depan tempat duduknya, tetapi di samping, sama seperti pada becak motor. Kendaraan becak kayuh bisa dibilang model angkutan yang ramah lingkungan, karena tidak menimbulkan polusi udara. Becak motor disebut juga becak bensin. Ada-ada saja ya, sebutannya!
Suatu sore saya sengaja berkeliling sebentar mengelilingi jalan-jalan kota Medan dengan betor yang dikemudikan Bang Ulil. Si Abang ini lincah sekali berkelit di antara mobil-mobil yang lalu lalang di jalan. Sampai-sampai penumpangnya harus menahan napas ketika betor yang dibawa Bang Ulil berhadapan dengan angkutan umum yang juga tak kalah lincah. Sudah setahun Bang Ulil menarik betor. Sebelumnya ia bekerja di Malaysia sebagai TKI. Lelaki asli Medan ini sehari ia harus setor pada pemilik betor sejumlah 25.000 Rupiah. Bensin yang ia apakai selama menarik sekitar 20.000 Rupiah. Sisa pembelian bensin dan makan ia bisa bawa pulang sebagai penghasilan satu hari. Tarif betor bervariasi, tergantung hasil negoisasi antara pengemudi betor dan calon penumpangnya. Untuk jarak sekitar lima sampai 10 meter sekali jalan berkisar 5.000 Rupiah hingga 10.000 Rupiah. Jarak jauh bisa mencapai 25 ribu Rupiah.
Tidak cuma sekali itu saya naik betor selama di Medan. Mumpung di Medan, saya pun naik betor yang dikemudikan Pak Nurlah ke tempat penangkaran buaya di Asam Kumbang, Kecamatan Meda Selayang. Dibanding taksi, naik betor lebih murah. Lagipula kemarinnya saya naik taksi malah dikibulin sama Bang Supir. Saya pikir jaraknya jauh, mau aja digetok 50 ribu. Tak tahunya, jarak yang sama dengan betor cuma delapan ribu rupiah saja.
Oh ya, betor termasuk angkutan umum yang fleksibel. Dia bisa mengantar penumpangnya kemana saja, sepanjang jalan yang dilaluinya bukan larangan untuk betor dan becak kayuh. Pak Nurlah baru sembilan bulan menarik betor di usianya yang tidak muda lagi, sekitar 50-an tahun. Pria separuh baya asal Minang ini bahkan sebelumnya lama tinggal di Jakarta, ikut membantu kerabatnya yang membuka Rumah Makan Padang di Pondok Gede. Sama seperti Bang Ulil, Pak Nurlah pun setor sehari 25.000 Rupiah kepada pemilik betor.
Yang lebih beruntung mungkin Pak Sihombing. Lelaki tua yang mengaku berumur lebih dari 60 tahun ini sudah 40 tahun menjadi penarik betor. Kendaraan yang sekarang dipakainya ini adalah miliknya pribadi, sehingga ia tidak merasa dikejar-kejar setoran. Sehari-hari Pak Sihombing mangkal di depan hotel Danau Toba, Medan. Dia menarik betor sejak usia belasan tahun, sehingga sudah hapal seluk-beluk jalan-jalan di kota Medan.
Namun disayangkan, beberapa tukang betor yang ugal-ugalan membuat beberapa pihak tidak simpatik terhadap keberadaan betor. Mereka dianggap pengganggu kelancaran lalu lintas. Padahal banyak kaum ibu dan anak-anak yang menggunakannya. Entah ke pasar, toserba, atau sekolah. Banyak murid TK dan SD dalam rombongan kecil menggunakan betor untuk ke sekolah atau pulang ke rumah mereka. Dalam satu betor bisa lima sampai enam murid SD atau TK.
Becak motor dan becak kayuh bagaimanapun sudah menambah ciri khas kota Medan khususnya, dan Sumatera utara umumnya. Seperti halnya delman sebagai ciri khas kendaraan tradisional di Jawa yang makin lama makin berkurang jumlahnya karena terlindas kemajuan zaman. Uniknya, ada beberapa becak motor atau kayuh di Medan yang bagian belakangnya tertulis “Becak Motor Wisata”.

sepeda bermesin jet


Pemilik sepeda gila ini bernama Bob Maddox. Dia menggunakan mesin jet ganda yang dipasangkan pada sepedanya. Terserah mau dibilang apa karyanya itu. Motor boleh, sepeda juga boleh. Yang jelas, bentuknya tetap mirip dengan sepeda.


Generasi I dengan menggunakan 1 mesin jet

Sepeda Bob Maddox mampu mencapai kecepatan 73 mil/jam, kira-kira sekitar diatas 100 km/jam. Tahun lalu ide gilanya ini sudah berjalan, tetapi baru mengunakan 1 mesin jet saja. Dia tidak puas dengan kecepatan yang hanya mencapai 50 mil/jam, kemudian sekarang dipasanglah 2 mesin jet pada sepedanya tersebut.

Generasi II dengan menggunakan 2 mesin jet

Sepeda si Bob ini menggunakan teknologi mesin jet Pulse yang dikembangkan di Swedia. Pada perang dunia pertama, Jerman pernah mengunakan rocket V-1 yang mirip sistem kerja Jet Pulse tersebut.

Sistem Mesin Jet

Sistemnya sederhana, mengunakan campuran udara dan bahan bakar. Kapan si Bob Maddox mulai tergila-gila dengan sepedanya? Ternyata sudah cukup lama, lebih dari 8 tahun lalu dia sudah mulai bongkar pasang merakit sepeda edannya itu.

Inilah Sepeda Dengan Tenaga Mesin Jet Pemilik sepeda gila ini bernama Bob Maddox. Dia menggunakan mesin jet ganda yang dipasangkan pada sepedanya. Terserah mau dibilang apa karyanya itu. Motor boleh, sepeda juga boleh. Yang jelas, bentuknya tetap mirip dengan sepeda. Generasi I dengan menggunakan 1 mesin jet Sepeda Bob Maddox mampu mencapai kecepatan 73 mil/jam, kira-kira sekitar diatas 100 km/jam. Tahun lalu ide gilanya ini sudah berjalan, tetapi baru mengunakan 1 mesin jet saja. Dia tidak puas dengan kecepatan yang hanya mencapai 50 mil/jam, kemudian sekarang dipasanglah 2 mesin jet pada sepedanya tersebut. Generasi II dengan menggunakan 2 mesin jet Sepeda si Bob ini menggunakan teknologi mesin jet Pulse yang dikembangkan di Swedia. Pada perang dunia pertama, Jerman pernah mengunakan rocket V-1 yang mirip sistem kerja Jet Pulse tersebut. Sistem Mesin Jet Sistemnya sederhana, mengunakan campuran udara dan bahan bakar. Kapan si Bob Maddox mulai tergila-gila dengan sepedanya? Ternyata sudah cukup lama, lebih dari 8 tahun lalu dia sudah mulai bongkar pasang merakit sepeda edannya itu. source: http://siradel.blogspot.com/2010/08/sepeda-dengan-mesin-jet.html ==> Newer Post Older Post Home powered by Advertise ▼ 2011 (3059) ► 07/31 - 08/07 (37) ► 07/24 - 07/31 (18) ► 07/17 - 07/24 (25) ► 07/10 - 07/17 (17) ► 07/03 - 07/10 (13) ► 06/26 - 07/03 (29) ► 06/19 - 06/26 (48) ► 06/12 - 06/19 (54) ► 06/05 - 06/12 (46) ► 05/29 - 06/05 (104) ► 05/22 - 05/29 (115) ► 05/15 - 05/22 (119) ► 05/08 - 05/15 (84) ► 05/01 - 05/08 (85) ► 04/24 - 05/01 (119) ► 04/17 - 04/24 (125) ► 04/10 - 04/17 (114) ► 04/03 - 04/10 (52) ► 03/27 - 04/03 (93) ► 03/20 - 03/27 (129) ► 03/13 - 03/20 (122) ► 03/06 - 03/13 (105) ► 02/27 - 03/06 (112) ► 02/20 - 02/27 (128) ► 02/13 - 02/20 (154) ► 02/06 - 02/13 (171) ▼ 01/30 - 02/06 (169) 10 Kebohongan yang Sering Diucapkan Wanita Olson-Weston, Bocah 7 Tahun Pengendara Monster Tru... Miwako, Cewek Taiwan Idol Yang Mukanya Imut Kayak ... Kumpulan Website untuk Mengedit Foto Menjadi Cover... Cara Suku Dogon Menangkap Seluruh Ikan di Danau Da... 10 Pemain Basket NBA Terpendek Top 10 Negara Terbersih di Dunia GOOGLE; US$20.000 Bagi Siapapun yang Bisa "MengHac... Demi Bertahan Hidup, Bocah Ini Harus Minum Viagra ... Inilah Kalimat-kalimat Gombal di Bulan Februari ya... Benarkah Alam Semesta Mengembang? Alamat IP Habis, Benarkah ini Kiamat Bagi Internet... (Khusus Cowok) Tabu Hadiahkan Dia Ini Saat Valenti... NASA Klaim Temukan Tata Surya Baru NASA: Asteroid Apophis Bukan Pertanda Kiamat Putus Asa, Nenek Gantung Diri di Kandang Babi 4 Tips Bagaimana Menjaga Jeans Agar Tetap Awet Inilah Langkah Dasar Mencegah Kanker Adjie Massaid Meninggal Dunia Titik-titik Tekan yang Menyehatkan Bagi Tubuh Anda... Taukahkamu; 82 Juta Penduduk Indonesia Jadi Peroko... Alasan-alasan Orang Tak Mau Berhenti Merokok Neuschwanstein, Istana di Atas Gunung Peninggalan ... Tips Gunakan Catok Agar Rambut Tidak Rusak 4 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Insomnia Tips, 5 Cara Menyemprotkan Parfum Agar Tahan Lama Inilah Walikota di Indonesia Tidak Pernah Ambil Ga... Sejarah Zippo, Sang Korek Legendaris Melihat Bagaimana Menyulap Daihatsu Ceria Usang Me... 10 Bentuk Korek Api Terunik Inilah 10 Kendaraan Buatan manusia Tercepat di Dun... Mengenal Lebih Jauh Pesawat "AIR FORCE ONE", Pesaw... Inilah Sebuah Karya dari 200.000 Semut Mati yang M... 65 Fakta Terselubung Tentang Buah-buahan Inilah Pulau Berlangit Tergelap Pertama di Dunia Inilah Manfaat "kita" Mencari Planet Lain yang Mir... Masih Jadi Misteri Terbesar Jagat Raya Taukahkamu; Berapa Banyak Planet seperti Bumi di A... Taukahkamu; Kesuksesan niat orang berhenti merokok... Taukahkamu; Bagaimana Astronot Buang Air di Luar A... Beginilah Nenek Ketika Rayakan Ultah ke-126 tahun NASA Temukan 54 Planet Serupa Bumi? Konser Justin Bieber di Indonesia Belum Ada Izin Inilah Tips Menghilangkan Tonjolan Lemak Akibat Br... Ayo Berhemat Agar Hidup Lebih Sehat Mengenal lebih dekat kelenteng tertua di Jakarta Benarkah 9 Dari 10 Wanita Indonesia Menyukai Pria ... Menurut Survey, Ternyata 50% Pria Percaya Cinta Pa... Foto-foto Anak Sapi Bermulut Serigala dari Madura Video, Hati-hati Memberikan Video Hant


Pemilik sepeda gila ini bernama Bob Maddox. Dia menggunakan mesin jet ganda yang dipasangkan pada sepedanya. Terserah mau dibilang apa karyanya itu. Motor boleh, sepeda juga boleh. Yang jelas, bentuknya tetap mirip dengan sepeda.


Generasi I dengan menggunakan 1 mesin jet

Sepeda Bob Maddox mampu mencapai kecepatan 73 mil/jam, kira-kira sekitar diatas 100 km/jam. Tahun lalu ide gilanya ini sudah berjalan, tetapi baru mengunakan 1 mesin jet saja. Dia tidak puas dengan kecepatan yang hanya mencapai 50 mil/jam, kemudian sekarang dipasanglah 2 mesin jet pada sepedanya tersebut.

Generasi II dengan menggunakan 2 mesin jet

Sepeda si Bob ini menggunakan teknologi mesin jet Pulse yang dikembangkan di Swedia. Pada perang dunia pertama, Jerman pernah mengunakan rocket V-1 yang mirip sistem kerja Jet Pulse tersebut.

Sistem Mesin Jet

Sistemnya sederhana, mengunakan campuran udara dan bahan bakar. Kapan si Bob Maddox mulai tergila-gila dengan sepedanya? Ternyata sudah cukup lama, lebih dari 8 tahun lalu dia sudah mulai bongkar pasang merakit sepeda edannya itu.

Suzuki Hayabusa Motor Aneh Tapi Laris

Suzuki Hayabusa Motor Aneh Tapi Laris


TOKYO (Berita SuaraMedia) - Setelah meraup sukses selama 10 tahun, akhirnya orang dibalik desain Suzuki Hayabusa angkat bicara. Ternyata motor ini pada awalnya diciptakan sebagai motor yang aneh!

Setelah sekian lama sukses sebagai motor sport yang cukup diperhitungkan di dunia, Koji Yoshiura sebagai orang dibalik kehadiran Suzuki Hayabusa angkat bicara.

Seperti dikutip dari Motorcyclenews, senin (4/1/2010), Yoshiura menceritakan bagaimana proses pengembangan mesin Hayabusa sejak 1999 agar tercipta motor yang mampu digeber hingga 320 km/jam.

"Misinya saat itu menciptakan style baru yang benar-benar berbeda dan tidak kadaluwarsa dalam beberapa tahun kedepan, dan wajah inilah yang akan menjadi ciri khas Suzuki," ungkap Yoshiura.

Ia menuturkan, pada awalnya Hayabusa bukan diciptakan 1.300 cc, tetapi 900 cc - 1.100 cc, yang saat kemunculannya merupakan pasar terbesar dari motor sport.

"Dengan menggabungkan antara kecepatan, keselamatan, kekuatan, handling yang baik, dan gaya yang unik, ini menjadi motor tercepat yang pernah di produksi," kata dia.

Dirinya juga mengaku, saat itu yang ada dalam pikirannya hanya bagaimana menciptakan desain yang agak aneh supaya dapat memberikan efek yang sangat kuat dalam pikiran setiap orang.

"Orang mungkin berpikir ini desain yang aneh, tapi kemudian akan tertarik karena desainnya aneh, lantas setelah itu desain tersebut malah melekat dalam pikiran mereka," katanya.

Sementara itu, Walaupun mengaku bukan sebagai tumpuan utama, namun Suzuki selalu mendatangkan model-model terbaru untuk motor gede (moge) mereka.
"Tiap tahun pasti kita hadirkan model terbarunya," tutur 2W Marketing-Promotion and Dealer Development Suzuki Edi Darmawan ketika ditemui di Wisma Indomobil, Jakarta.

Kehadiran moge-moge Suzuki yang diimpor secara utuh dari Jepang ini, kata dia, berdasarkan pesanan konsumen pabrikan motor berlogo "S" tersebut.

"Semuanya tergantung pemesanan, kalau ada yang mau tipe terbaru ya kita datangkan," tegasnya.

Selama ini, Suzuki tercatat telah memasok beberapa moge impor seperti Hayabuza, GSX-600, B-King, dan GSR600. Tetapi, ucap Edi, motor-motor tersebut bukan menjadi volume maker dari Suzuki di Indonesia.

"Jumlah penjualannya terlalu kecil, kita datangkan untuk yang hobi saja," paparnya.

Sebelumnya, Selain menggelar ajang adu nyali dengan menggunakan sepeda motor skuter matik (skutik) Suzuki Skydrive Dynamatic, dalam acara Geber Suzuki 2009 akan ada pula diskon asesoris motor dan servis gratis motor Suzuki.

Acara perang diskon asesoris motor dan servis gratis ini rencananya bakal diselenggarakan pada Grand Final Geber Suzuki 2009 di Parkir Barat Tenis Indor Senayan, Jakarta.

"Nantinya, acara puncak Geber Suzuki 2009 akan digelar dua hari, dan tiap hari pengunjung akan disuguhkan bazzar asesoris, suku cadang dan servis gratis," tutur Marketing Manager Suzuki 2W Edy Darmawan disela jumpa pers Geber Suzuki di Wisma Indomobil, Jakarta.

Secara rinci dia menjelaskan, pada hari pertama acara puncak Geber Suzuki 2009, akan ada berbagai kompetisi. Diantaranya kompetisi band, kompetisi modifikasi motor, serta kompetisi desain helm yang dihias menggunakan airbrush.

Selanjutnya dihari kedua merupakan puncak acara Geber Suzuki 2009 yang menjadi ajang pembuktian siapa yang terbaik dari 120 peserta yang lolos seleksi untuk mendapatkan gelar yang terbaik dalam ajang adu nyali suzuki motor tersebut.

Yang terpilih sebagai pemenang tentu berhak atas hadiah jalan-jalan ke Bangkok Motor Show bersama kru Suzuki.(ok3) www.suaramedia.com

Angkat Mobil Hanya Dengan Kepala!!Hebat..

Angkat Mobil Hanya Dengan Kepala!!Hebat..


Kelebihan John Evans, cowok asal Inggris ini adalah dirinya bisa menyeimbangkan benda atau objek yang berat di kepalanya seperti menyeimbangkan batu bata, orang, buku-buku dan minuman bir bahkan sebuah mobil.
http://neatorama.cachefly.net/images/2006-07/john-evans-car-head-balancing.jpg
wow..hebat!! :shock:

Dengan tinggi hampir 2 meter dan berat 155,7 kg , John sudah memecahkan 30 rekor dunia dalam 11 kategori yang berbeda. Salah satu rekornya yang paling mematikan adalah menyeimbangkan mobil yang beratnya sekitar 159,6 kg diatas kepalanya.Adapun John memecahkan rekor menyeimbangkan mobil di The London Studios, UK, pada 24 Mei 1999 selama 33 detik.
Sebagai pemecah rekor menurut versi Guinness Book, John merupakan satu-satunya orang yang sering tampil dalam acara Guinness di TV, Guinness Primetime. Karena kemampuan John Evans itu, John sering berkeliling dunia, seperti tampil 2 kali dalam acara The Tonight Show with Jay Leno.
http://www.malaysiaminilover.com/wp-content/uploads/2008/12/minicooper1.jpg
apa ga pusing tuh :?
Dirinya juga pernah tampil di Perancis, Portugis, Itali, Austria, Jerman, Spanyol, Belanda, Swedia, Taiwan, Singapura, Jepang, Korea, Cina dan Hongkong. Kapan ya ke Indonesia gan?
sumber : http://haxims.blogspot.com/2010/01/pria-bawa-mobil-pake-kepala.html

10 Pesawat PengeBOM Sepanjang Masa

10 Pesawat PengeBOM Sepanjang Masa


Angkatan udara modern, perbedaan antara pembom, pesawat pembom tempur, dan pesawat penyerang telah menjadi kabur.Banyak pesawat tempur yang sekilas seperti fighter, bisa dioptimalkan untuk menjatuhkan bom-bom, dengan sangat sedikit kemampuan untuk terlibat dalam pertarungan udara.Berikut ini adalah sepuluh pesawat pembom sepanjang masa.
Handley Page 0/100:
Teknologi pesawat terbang baru berkembang 10 tahun sebelum Perang Dunia I terjadi. tetapi dalam beberapa tahun itu pula, perkembangannya begitu cepat.Handley Page 0 / 100 merupakan Pembom berat Inggris pertama yang memasuki layanan pada tahun 1916 sebagai sarana untuk menyerang pangkalan Zeppelin Jerman yang menyebabkan kerusakan besar ke London.
Ditenagai dua mesin Rolls Royce dengan kecepatan 79 mph. Sayapnya membentang selebar 100-kaki, membuat pesawat ini mampu membawa 2.000 pound bom dengan akurasi yang luar biasa. Setelah perang, Handley kembali ke fungsi aslinya, menjadi mesin terbang untuk penerbangan sipil pertama di Eropa.
Tupelov Tu-95:
Pembom besar jarak jauh milik Soviet ini, dijuluki si Beruang. Dirancang untuk membawa sampai empat bom nuklir ke daratan AS dari pangkalan-pangkalan di Rusia. Diluncurkan pada pertunjukan udara Moskow pada tahun 1955, keberadaannya menjadi ancaman besar selama tiga decade bagi kekuatan barat.
Spoiler for Avro Lancaster:
Lancaster adalah Pembom berat Inggris yang kondang selama Perang Dunia II. Memiliki kemampuan untuk membawa hingga 22,000 pounds, mampu terbang malam dan terus menerus menjadi ancaman bagi kota dan pabrik-pabrik Jerman.
Sebagai pembom favorit, Lancaster digunakan dalam berbagai operasi pemboman special, seperti pemboman bendungan jerman pada 1943, serta penyergapan kapal perang jerman Tirpitz. Namun kesuksesan tersebut musti ditebus dengan harga lumayan mahal, 55.000 penerbang tak kembali dari berbagai pertempuran.
Boeing B-17 Flying Fortress:
Pada 1937,Boeing Aircraft Company membangun pembom Amerika pertama yang berbahan full metal.Ditenagai 4 mesin, dialah si legendaries B-17 Flying Fortress.Dilengkapi dengan senapan mesin caliber 13 0.5 dipunggungnya,pembom ini mampu menjatuhkan 6.000 pounds bom dari perutnya.
Aksi paling spektakuler adalah ketika nyaris 1000 buah B-17 melabrak berbagai posisi jerman di eropa. Serangan ini diakui sebagai salah satu serangan yang merubah peta kekuatan di eropa pada PD II.
De Havilland Mosquito:
Dijuluki “Wooden Wonder,” Si Nyamuk mungkin pesawat yang paling serbaguna selama Perang Dunia II. Sebagai seorang pembom, Mosquito juga paling cepat, karena bobotnya yang ringan. Dibangun dari kayu, pesawat itu hampir tidak terdeteksi radar.
Selain itu karena kecepatan, Ia tidak membawa persenjataan defensive. Bahkan kecepatannya mampu menandingi pesawat pemburu/fighter. Dengan beban 2.000 pound (kemudian ditingkatkan hingga 4.000 pon) dan kemampuan untuk terbang dari ketinggian 10 kaki hingga 31.000 kaki, Mosquito sering mendapat jatah membom garis depan musuh.
Junkers Ju-88:
Dipercaya oleh banyak orang sebagai pembom Jerman yang paling penting salama Perang Dunia II. Ju-88 berada di garis depan pembom Jerman pada 1939 hingga akhir konflik.Desain serbaguna yang memungkinkannya untuk digunakan sebagai pembom maupun pesawat fighter.
Meskipun lebih berat daripada pesawat Heinkel 111 dan Dornier 17, Junkers adalah tercepat dari armada pembom Nazi. Pesawat ini sukar ditundukkan oleh pesawat-pesawat pemburu sekutu, selain karena kecepatannya, ia dilengkapi dengan 7 buah senapan mesin disekujur bodinya. Dengan beban angkut mencapai 8.000 pounds, pesawat ini benar-benar amat diandalkan oleh Hitler.
Boeing B-47 Stratojet:
Saat B-47 Stratojet pertama mengudara pada tahun 1947, banyak orang antusias dengan desainnya. B-47 menggunakan teknologi sayap menyapu yang diambil dari Nazi Jerman, dan juga diilhami oleh motor roda tiga yang tidak biasa. Hal ini menyebabkan banyak orang berpikir itu akan menjadi tidak lebih dari pesawat prototype.
Namun pada pertengahan-1948 menjadi jelas bagi Angkatan Udara dan Boeing pesawat eksekutif yang jauh melebihi segala pesawat se jamannya dengan sayap lurus. Pilot Chuck Yeager dikirim untuk mengikuti B-47 di sebuah jet tempur untuk mengetes kecepatannya.
Dia disampaikan melalui radio kepada pilot B-47, “Aku tidak bisa mengikuti.” Hari berikutnya, B-47 memecahkan rekor lintas Negara dengan kecepatan rata-rata 609,8 mph. Beberapa tahun setelahnya, ia menjadi pesawat pembom utama bagi Komando Udara Strategis dan akhirnya lebih dari 2.000 B-47 dibangun. B-47 dan suksesornya B-52 kemudian menjadi line-up pesawat pembom nuklir di era perang dingin.
Boeing B-29 Super Fortress:
B-29 mempunyai jangkauan lebih dari 3.500 mil, dengan ketinggian operasional 31.850 kaki dan kecepatan tertinggi 358 mph. Bisa membawa muatan besar 20.000 pound bom dan dipersenjatai dengan senapan mesin caliber 12 .50 dan meriam kaliber 20-mm.
Desain pesawat ini sudah sangat maju, menyangkut aerodinamika pesawat, kompartemen para awak bertekanan dan dilengkapi dengan kaca tahan peluru. Digunakan secara ekstensif dalam misi pengeboman konvensional melawan Jepang. Prestasi B-29 yang paling dikenal adalah untuk menjatuhkan bom atom di Hiroshima dan Nagasaki, yang akhirnya menyudahi Perang Dunia II.
Northrop Grumman B-2 Stealth Bomber:
Pesawat yang hanya terlihat seperti sayap terbang. B-2 dibuat oleh Northrop. Dilapisi dengan laminasi komposit khusus dan cat rahasia, B-2 hampir tidak terlihat oleh radar. Ia bahkan sering diidentifikasikan sebagai UFO. Berbasis di AS, dengan mengisi bahan bakar diudara, pesawat ini bisa menjangkau semua bagian dunia tanpa terkecuali. Harganya mencapai 2.2 milyar dollar US.
Boeing B-52 Stratofortress:
Ditenagai 8 mesin jet dengan kecepatan maksimum 650 mph, daya jelajah lebih dari 8.000 mil dan kemampuan untuk menjatuhkan bom 70.000 pounds, B-52 adalah bom paling mematikan di dunia. Ini dapat juga membawa senjata nuklir, rudal jelajah dan bom presisi.
Di samping peran selama Perang Dingin, Pesawat ini juga digunakan untuk mengebom Vietnam Utara. Dalam perang Afghanistan dan Irak , B-52 mengenai berbagai sasaran dengan kerusakan-kerusakan berat. Meskipun dibangun dengan teknologi 1950-an, B-52 kemungkinan masih dinas aktif hingga 2045

Cari Blog Ini